Latest News
Saturday, November 24, 2012

Kisah Sukses Blogger : Yaro Starak

"Blogging adalah sesuatu yang mudah tidak peduli apapun bahasa
yang Anda gunakan. Yang sulit adalah berusaha tetap setia di dunia
blogging secara terus menerus dalam jangka waktu lama" 

(Yaro Starak, dalam wawancara Blogguebo, 2008)

Yaro Starak dalah salah satu pelaku bisnis online yang sukses menggunakan media blog sebagai sarana menghasilkan uang melalui internet. Mulai membangun bisnis online sejak duduk di bangku kuliah  (dengan membuat situs game sederhana), hingga mampu menjual  situs komersial yang dibuatnya – BetterEdit.com - Yaro saat ini
berpenghasilan kurang lebih $78,000 per tahun atau setara Rp. 735.000.000 per tahun (sebagai peringkat ke-31 Blogger Berpenghasilan Terbesar 2007, versi Paula Mooney)

Pemilik situs Entrepreneurs-Journey.com ini juga membangun  "sekolah" mentoring online BlogMasterMind (barangkali Anda salah satu muridnya?), yang merupakan program tutorial bisnis berdasarkan pengalaman pribadinya selama membangun bisnis online. Selain aktif sebagai blogger, Yaro juga dikenal sebagai pembicara seminar dan workshop bisnis online, terutama di negara asalnya, Australia.
Silahkan kunjungi www.Entrepreneurs-Journey.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Yaro Starak.
Yaro Starak

Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut.

Semoga bermanfaat. 
--------------------------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T):  Bagaimana pendapat Anda tentang blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris secara umum?

(J): Sulit bagi saya untuk menilainya karena saya tidak berbicara selain bahasa Inggris, tapi asumsi umum saya adalah ada lebih banyak celah di pasar non-bahasa Inggris dan sebenarnya merupakan kesempatan yang sangat besar untuk membangun sebuah blog yang populer

Mungkin bisa dengan mengamati apa yang terjadi di pasar berbahasa Inggris dan mencoba apakah hal itu bisa diterapkan di pasar berbahasa yang lain

(T): Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?

(J): Tentu - barangkali malah lebih bagus karena kompetisi yang masih longgar dan pasar yang baru bertumbuh. Jika saya punya minat besar mengenai sebuah topik, saya akan mengamati pasar berbahasa Inggris, melihat siapa pemimpinnya, dan kemudian meniru apa yang mereka lakukan dengan bahasa lain

Sebagai contoh - apakah ada pakar Pay Per Click di Jepang? Bagaimana dengan guru SEO di Jerman? Intinya pelajari kecakapan tersebut, segera keluar dan bantulah mereka yang lain dengan bahasa Anda sendiri, bahasa selain Inggris

(T): Inggris bila dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia
bisnis online?

(J):  Keuntungan terbesar yang dimiliki blogger-blogger yang menulis dengan bahasa selain Inggris adalah, setidaknya di beberapa aspek, adanya jalan yang jelas menuju sukses. Katakanlah, tidak ada blogger yang menulis soal blogging for money dalam bahasa Perancis. Jika saya berbicara dan menulis dalam bahasa Perancis dengan sempurna, saya akan membaca blog-blog berbahasa Inggris, belajar semua yang
saya bisa tentang dunia blogging secara profesional dan kemudian mengajarkannya kepada yang lain melalui blog berbahasa Perancis saya.

Anda tidak perlu menemukan kembali rodanya - cukup ikuti rumus sukses yang sudah terbukti tersebut

(T):  Apa kesulitan atau hambatannya?

(J): Cakupan pasar adalah satu masalah. Ada beberapa bahasa dan budaya yang tidak mendukung pasar yang sama dengan pasar berbahasa Inggris (demikian pula sebaliknya). Anda tidak bisa mengasumsikan bahwa satu niche akan bisa diterjemahkan secara langsung dari bahasa Inggris ke bahasa lain. Barangkali orang di negara tersebut tidak biasa pergi online untuk mencari informasi, atau
barangkali industri online di negara tersebut berada pada tahapan perkembangan yang berbeda

Riset dan uji coba adalah satu-satunya cara untuk mengetahuinya secara pasti, karena itu jangan membuat asumsi apapun sampai Anda benar-benar mencoba sesuatu

(T): Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris?

(J): Sulit untuk menjawabnya. Anda bisa melihat trend yang sedang berkembang - misalnya perkembangan industri di China dan India sebagai peluang, atau barangkali hanya sekedar nuansa budaya dimana hanya orang-orang di dalam budaya itulah yang bisa memahaminya

(T): T ema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa
Inggris?
(J):  Saya agak tidak jelas dengan apa yang Anda maksudkan - apakah maksud Anda tema desain blog? Jika itu maksudnya, maka tema-tema yang sama dan bisa diterima untuk blog-blog berbahasa Inggris juga akan berlaku untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris

(T): Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?

(J): Carilah sponsor/pemasang iklan dari negara Anda. Bisnis di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris pasti juga membelanjakan uang mereka untuk beriklan. Jika Anda membuat blog dalam bahasa Spanyol, maka carilah sponsor/pemasang iklan dari Spanyol

(T)  Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya - mana yang akan memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?

(J): Saya tidak bisa berkomentar diluar apa yang saya tahu tentang menulis blog dalam bahasa Inggris. Program affiliasi adalah yang terbaik buat saya, namun tidak ada standarnya. Blogger yang lain mendapatkan hasil yang lebih baik dengan Adsense. Blog-blog yang tidak berbahasa Inggris juga sama - untuk menghasilkan uang yang terbanyak, uji cobalah berbagai metode dan gunakan kombinasi yang
menghasilkan keuntungan maksimal

(T): Apakah menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus
memaksakan diri mereka untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?

(J):  Sama sekali tidak. Saya punya beberapa murid dengan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka yang memilih menulis dalam bahasa Inggris dan akibatnya mereka harus bersusah payah untuk Wawancara melakukannya. Saya tanya mereka kenapa tidak menulis dalam bahasa ibu mereka dan mereka bilang karena tidak ada pembaca blog mereka di negara mereka

Saya bisa mengerti bahwa barangkali hal itu memang terjadi untuk beberapa industri, namun saya percaya banyak blogger yang tidak berbahasa Inggris akan ketinggalan perahu untuk menjadi pemimpin di negara mereka. Justru karena industri online saat ini masih kecil, jika Anda masuk lebih dulu, menjadi blogger terbaik di negara Anda,
selanjutnya nikmatilah hasilnya ketika pasar mulai tumbuh. Peluang seperti itu tidak bisa Anda dapatkan di sejumlah industri berbahasa Inggris karena pasarnya sudah mapan

(T):  Apakah Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?

(J): Kayaknya tidak. Saya sering berpikir untuk menterjemahkan tulisan-tulisan saya, dan beberapa orang telah menterjemahkan e-book dan newsletter saya ke dalam bahasa lain, tapi fokus saya akan tetap menulis dalam bahasa Inggris

(T): Apa saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris
agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?

Terus berjuang - jangan berhenti mencoba membantu orang lain dan membangun aset online. Itu semua butuh waktu, namun Anda bisa sampai kesana jika Anda menemukan apa yang benar-benar Anda sukai dan menterjemahkannya menjadi sesuatu yang bisa memberi manfaat bagi orang lain

Jika Anda tahu bagaimana menulis dengan baik dalam bahasa selain Inggris, maka ambil manfaat kecakapan Anda tersebut dan mulailah menulis secara online. Blogging adalah sesuatu yang mudah tidak peduli apapun bahasa yang Anda gunakan, yang sulit adalah berusaha tetap setia di dunia blogging secara terus menerus dalam jangka waktu lama

Good luck!
(Semoga sukses!)

Yaro Starak
----------------------------------------------------------

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari apa yang disampaikan Yaro Starak. Salah satunya adalah tetap adanya peluang bagi blog-blog berbahasa Indonesia untuk menjadi pemain utama di pasar negeri sendiri. Mumpung industri bisnis online baru bertumbuh di Indonesia. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketabahan dan kesetiaan
untuk terus mencintai dunia bisnis online (khususnya blogging). 

Banyak blogger yang penuh semangat di satu dua bulan pertama, namun kemudian loyo dan mundur teratur dari dunia bisnis online karena mendapati betapa uang yang diimpikan tak kunjung datang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kisah Sukses Blogger : Yaro Starak Rating: 5 Reviewed By: Unknown