Latest News
Saturday, November 24, 2012

Kisah Sukses Blogger : John Cow

"Fokus sepenuhnya pada bisnis lokal di negara Anda dan bekerja keras membangun nama blog Anda, atau Anda bisa memilih mengubahnya menjadi berbahasa Inggris dan melayani pasar yang lebih besar dengan persaingan yang lebih keras" 

(John Cow, dalam wawancara Blogguebo, 2008)

wawancara dilakukan bersama John Cow, seorang profesional blogger asal Irlandia dan pemilik JohnCow.com yang tiba-tiba populer setelah mengimitasi nama blog milik John Chow
- yang tentu sudah tidak asing lagi di dunia blogosphere –
JohnChow.com. Situs asli JohnChow.com sendiri, meskipun tentu saja masih tetap online, menghilang dari search engine setelah Google memberikan penalti karenapraktek massive link building yang dilakukan John Chow dan dianggap melanggar Webmaster Guidelines Google.
Kisah Sukses Blogger : John Cow

JohnCow.com, yang memanfaatkan nama besar John Chow dengan anchor link "Make Money Online" menjadi populer meskipun baru diluncurkan 6 bulan yang lalu. Bulan pertama launching, situs JohnCow.com langsung memberikan earnings $1,000 dan saat ini berkisar $3,500 per bulan. Nama situs JohnCow.com juga menerima
penghargaan "Best Blog Name 2007" dari Performancing Blog Awards.

Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut.
 Semoga bermanfaat.

--------------------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab


(T): Bagaimana pendapat Anda tentang blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris secara umum?

(J):Tidak masalah apapun bahasa blog Anda, selama Anda memiliki
pembaca. Blogging tanpa pembaca seperti halnya susu tanpa kue

(T): Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris
memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?

(J):Sepanjang bisnis online yang kita bicarakan, bahasa internasional bisnis adalah bahasa Inggris dan Anda akan membatasi diri Anda sendiri dengan mencari pasar yang tidak berbahasa Inggris. Artinya, mayoritas entrepreneur akan mencari peluang pasar yang terbesar, yaitu mereka yang berbahasa Inggris. Ini menyita sedemikian besar ruang bagi mereka yang ingin fokus pada bahasa yang berbeda

(T): Apa keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris bila dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia
bisnis online?

(J): Basis niche. Kebanyakan orang bisa berbahasa Inggris, hanya sedikit
diantara mereka yang bisa berkonsentrasi di pasar bahasa yang lain

(T): Apa kesulitan atau hambatannya?

(J): Tidak ada yang disebut rintangan dan hambatan, hanya ada peluang
dan tantangan

(T): Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris?

(J): Yang pasti bisnis lokal. Setiap negara memiliki standar dan nilainya sendiri, Anda harus menjadi warga lokal disitu untuk mengetahui apa yang memotivasi orang. Juga produk-poduk generik yang digunakan di seluruh dunia, seperti web-hosting misalnya. Hal-hal seperti ini tidak dibatasi lokasi tertente

(T): Tema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa
Inggris?

(J): Hal itu akan sangat tergantung pada negara Anda. Sekali lagi, Anda harus mencari dan mengamati apa yang diminati orang banyak. Orang bisa membayangkan bahwa blog Britney Spears akan lebih berhasil di Amerika Serikat ketimbang di Indonesia, misalnya

(T): Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk  mendapatkan kue iklan?

(J): Saya tahu ada perusahaan-perusahaan yang mengkhususkan diri pada iklan-iklan lokal, seperti Nuffnang dan Advertlets. Google Adwords juga memiliki iklan-iklan lokal, jadi ada sesuatu untuk setiap orang

(T): Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate
Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya - mana yang akan memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?

(J): Hal itu akan sangat tergantung pada produk apa yang Anda promosikan. Yang jelas, saya akan mengatakan bahwa iklan-iklan independen akan berhasil untuk blog dengan bahasa yang spesifik. Ini semua tentang bisnis lokal

(T): Apakah menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus
memaksakan diri mereka untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?

(J): Semuanya tergantung pada apa yang Anda ingin capai. Jika Anda membuat blog hanya untuk senang-senang, tidak. Lakukan saja apa yang membuat Anda senang. Jika Anda membuat blog untuk menghasilkan uang, akan bijaksana bila Anda memperluas wilayah Anda dan menjangkau kelompok pembaca berbahasa Inggris yang lebih besar

(T) Apakah Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan
proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak
berbahasa Inggris?

(J): Sebenarnya saya sedang memikirkan ide memulai sebuah blog baru dalam bahasa saya sendiri. Saya sedang membandingkan top 50 blog dari negara saya, blog yang ditulis dalam bahasa saya, dan blog berbahasa Inggris saya yang sekarang, JohnCow.com akan berada di top 3, jika melihat statistiknya

(T): Apa saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris
agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?

(J): Fokus sepenuhnya pada bisnis lokal di negara Anda dan bekerja keras membangun nama blog Anda, atau Anda bisa memilih mengubahnya menjadi berbahasa Inggris dan melayani pasar yang lebih besar dengan persaingan yang lebih keras

Terima kasih atas kesempatan ini dan saya berharap Anda mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari wawancara ini. Dan sampaikan salam saya untuk teman-teman di Indonesia!

Selamat tingga,
(memang John menuliskannya seperti ini, "Selamat tingga", tanpa "L")

John Cow
-----------------------------------

Satu hal yang perlu dicatat dari wawancara bersama John Cow adalah pentingnya fokus. Anda tidak akan mendapatkan hasil apapun jika tidak fokus terhadap apa yang sedang Anda kerjakan. 

Demikian halnya dengan blogging. Fokus terhadap pilihan pangsa pasar, fokus terhadap niche atau produk yang akan Anda jual di blog Anda dan fokus terhadap bahasa yang Anda gunakan adalah sebagian kunci menuju sukses make money from blogging.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kisah Sukses Blogger : John Cow Rating: 5 Reviewed By: Unknown