Latest News
Monday, November 26, 2012

Kisah Sukses Blogger : Chris Garrett

“Bangun jaringan, gunakan bahasa dan warisan budaya Anda sebagai kekuatan” 
 (Chris Garrett, dalam wawancara Blogguebo, 2008)

Untuk seri kelima kali ini, wawancara dilakukan bersama Chris Garrett, blogger profesional asal Inggris pemilik situs Chrisg.com. Di dunia blogosphere Chris banyak dikenal sebagai konsultan blogging business dan new media, serta penulis tamu blog-blog terkenal seperti ProBlogger.net, CopyBlogger dan TheBlogHerald. 

Silahkan kunjungi www.Chrisg.com untuk mendapatkan informasi
lebih lengkap tentang Chris Garrett.
 Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut.
 Semoga bermanfaat.
Kisah Sukses Blogger : Chris Garrett

 --------------------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T): Bagaimana pendapat Anda tentang blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris secara umum?

(J):Saya sangat mendukung blog-blog yang tidak berbahasa Inggris karena selain menambah jumlah keseluruhan blog, pembaca blog, juga menambah perpaduan budaya dan ide-ide baru yang bagus. Teramat mudah bagi seorang blogger untuk terjebak dalam perangkap budaya dimana semua ide yang ada sudah tua dan basi. Satu-satunya masalah pribadi saya adalah saya sudah berusaha dan selalu gagal untuk menguasai bahasa selain Inggris. Makanya resolusi saya tahun ini adalah belajar setidaknya satu bahasa baru selain Inggris. Hanya tahu satu bahasa membuat saya malu

(T): Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?

(J):  Tentu saja. Prospeknya akan semakin berkembang dengan semakin banyaknya blogger yang tidak berbahasa Inggris mau berkomunikasi satu sama lain. Karena itu jika Anda kenal seorang blogger yang tidak berbahasa Inggris, doronglah mereka

(T): Apa keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris bila dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia bisnis online?

(J): Keuntungan terbesar yang bisa saya lihat adalah Anda bisa belajar semuanya dari blog-blog berbahasa Inggris dan menerapkannya dengan bahasa Anda sendiri. Jika berpikir soal ini, beberapa blog terkenal lahir karena keuntungan bergerak lebih dulu

(T): Apa kesulitan atau hambatannya?

(J): Penerimaan adalah tantangan terbesar, dan untuk beberapa bahasa rintangannya adalah cakupan pembaca yang kecil. Tapi saya kira hal ini akan berubah, dan sejauh yang saya tahu, bahasa Jepang dan Perancis punya potensi besar untuk mendominasi di tahun-tahun yang akan datang jauh lebih agresif ketimbang bahasa Inggris yang semakin melambat perkembangannya

(T): Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris?

(J): Memberikan informasi dan tema global untuk pembaca lokal. Bagaimana berita-berita besar mempengaruhi daerah atau bahasa Anda? Setelah Anda memiliki pembaca maka hal yang sama juga berlaku seperti dalam bahasa Inggris, yang paling penting adalah kualitas konten dan mengenali pembaca Anda

(T): Tema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa
Inggris?

(J): Apapun. Blogging pertama sekali adalah tentang manusia, bukan teknologi, bukan bahasa, ini soal mendapatkan pembaca Anda dan memberikan apa yang mereka butuhkan

(T): Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?

(J): Penawaran pribadi hampir selalu menguntungkan. Dekati pemasang iklan dan beri mereka penawaran yang tidak mungkin bisa mereka tolak. Juga coba affiliasi, atau jual jasa Anda sendiri. Tiru apa yang saya lakukan dalam bahasa Anda

(T): Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya – mana yang akan memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?

(J):  Affiiasi dan iklan mandiri, eh tapi keduanya dalam bahasa Inggris ya

(T): Apakah menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus memaksakan diri mereka untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?

(J): Saya tidak terlalu yakin, hal itu tergantung pada tujuan Anda. Jika Anda ingin dikenal oleh pembaca berbahasa Inggris, maka menulis dalam bahasa Inggris akan menjadi daftar-A Anda, jika tidak maka lakukan apa yang menurut Anda bisa. Apa yang saya rekomendasikan adalah Anda men-tag dalam bahasa apa tulisan Anda sehingga Anda bisa memiliki feed yang terpisah. Pastikan juga terjemahan Anda
sempurna

(T):  Apakah Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?

(J): Sebenarnya saya pernah mempertimbangkan untuk membuat blog yang akan mendorong saya belajar bahasa. Saya berpikir jika saya mencoba menulis dalam bahasa yang lain maka pembaca blog saya akan membantu saya dengan mengoreksi tulisan saya. Saya tidak tahu apakah ini terlalu ambisius, saya benar-benar kacau soal belajar bahasa dan hanya bisa pesan tiket kereta atau memesan segelas bir

(T):  Apa saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris
agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?

(J): Fokuskan pandangan Anda kepada tujuan Anda dan jangan terbujuk untuk berpikir bahwa tujuan tersebut terlalu berat, Anda tidak bisa melakukannya atau Anda punya banyak kekurangan. Dalam beberapa hal Anda harus menjadi seorang pemimpi. Orang membangun blok penghalang yang cukup besar demi kesuksesan mereka sendiri tanpa mempertimbangkan orang lain. Saya tahu beberapa orang yang tidak
berbahasa Inggris yang sudah menjalankan bisnis online dengan sangat baik dan mereka sampai kesana karena determinasi mereka sendiri, bukan karena bantuan orang lain. Bangun jaringan, gunakan bahasa dan warisan budaya Anda sebagai kekuatan)

(T): Satu kata soal blogging di tahun 2008?
(J): Global.
Salam

Chris Garrett
-----------------------------------

Dengan cara pandang yang lebih “pribadi” Chris Garrett menggarisbawahi apa yang sebelumnya telah disampaikan beberapa blogger dalam seri wawancara ini: blog berbahasa selain Inggris memiliki peluang besar untuk berkembang di masa yang akan datang. Yang terpenting adalah segera memulai, fokus untuk memberikan apa
yang dibutuhkan pembaca blog Anda dan jangan takut menghadapi tantangan minimnya pembaca atau kecilnya peluang monetisasi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kisah Sukses Blogger : Chris Garrett Rating: 5 Reviewed By: Unknown