Latest News
Saturday, November 24, 2012

Kisah Sukses Blogger : Jeremy Schoemaker

"Tekuni. Buat diri Anda menjadi orang yang memiliki otoritas 
dan bangun kelompok pembaca Anda" 

(Jeremy Schoemaker, dalam wawancara Blogguebo, 2008)

Untuk seri ketiga kali ini, wawancara dilakukan bersama Jeremy Schoemaker, blogger asal Amerika Serikat dan pemilik situs  Shoemoney.com yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jeremy adalah salah satu tokoh make money from blogging yang dikenal dengan situs Shoemoney.com dan memiliki penghasilan $120,000 per
tahun atau setara Rp. 1.132.440.269 per tahun (sebagai peringkat ke-24 Blogger Berpenghasilan Terbesar 2007, versi Paula Mooney).

Jeremy mulai menjalankan bisnis online dengan membuat sebuah situs game sederhana untuk Macintosh pada saat masih duduk di bangku  kuliah. Pengalaman berharga ini kemudian membawanya ke jenjang yang lebih tinggi dengan mendirikan perusahaan dotcom, ShoeMoney  Media Group. Beberapa produk ShoeMoney Media Group diantaranya adalah Auction Ads (yang sekarang merger dengan ShoppingAds),
Below a Buck (sebuah situs lelang produk-produk berharga dibawah satu dollar) dan Elite Retreat (seminar online business).
Blogger : Jeremy Schoemaker

Silahkan kunjungi www.Shoemoney.com untuk mendapatkan  informasi lebih lengkap tentang Jeremy Schoemaker.
 Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut.

Semoga bermanfaat.
(J): Saya cuma tahu bahasa Inggris (beberapa orang mungkin malah bilang saya juga nggak tahu bahasa Inggris :)), tapi melihat  banyaknya link balik yang saya dapatkan dari blog-blog yang tidak  berbahasa Inggris yang terlihat sangat kaya isi, saya kira mereka telah  melakukan sesuatu dengan sangat baik

(T): Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?

(J): Tidak diragukan lagi. Saat ini adalah saat yang sangat baik bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mengukuhkan diri di dunia bisnis online. Alasan kenapa saat ini begitu penting adalah karena belum adanya terlalu banyak pengiklan global sehingga tidak terlalu besar pula motivasi bagi persaingan untuk menjadi orang yang
memiliki otoritas. Ini seperti saat beberapa tahun yang lalu bagi blog-blog berbahasa Inggris ketika orang membuat blog lebih karena kecintaan dan bukan karena uang. Dan ketika para pengiklan datang mereka sudah mapan. Saya kira hal ini juga akan terjadi pada banyak blog yang tidak berbahasa Inggris

(T): Apa keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris bila dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia bisnis online?

(J): Terutama pada kenyataan bahwa ini seperti sumber daya yang belum dimanfaatkan. Pasar berbahasa Inggris sudah sangat jenuh di hampir semua niche yang menguntungkan

(T): Apa kesulitan atau hambatannya?

(J): Saya kira rintangan dan hambatan adalah sesuatu yang standar baik bagi blog berbahasa Inggris ataupun yang tidak berbahasa Inggris. Satu hal yang sangat luar biasa mengenai kondisi dunia kita saat ini adalah bahwa tidak terlalu menjadi soal dimana Anda berada. Terutama untuk blog. Jika Anda berhubungan dengan banyak orang, perlahan-lahan Anda akan membangun jumlah kelompok pembaca
yang besar (dalam bahasa apapun). Uang akan dengan sendirinya mengikuti

(T): Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog yang tidak berbahasa
Inggris?

(J):  eBay memiliki program affiliasi untuk lebih dari 15 negara. Anda juga bisa mulai melihat situs-situs kencan yang tidak berbahasa Inggris di banyak negara. Saya kira industri perkencanan dan industri telepon selular akan semakin besar dan semakin banyak di kawasan-kawasan yang tidak berbahasa Inggris

(T): Tema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa
Inggris?

(J): Saya kira teknologi baru dan berita-berita industri. Politik sepertinya bisa menjadi sesuatu yang populer tapi saya tidak melihat akan memberikan banyak keuntungan

(T): Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?

(J): Saya kira blog-blog yang tidak berbahasa Inggris punya keuntungan yang bagus bahwa mereka bisa belajar dari kegagalan blogger-blogger berbahasa Inggris. Mereka juga bisa agak lebih mudah menerjemahkan situs mereka ke dalam bahasa Inggris. Saya kira banyak blog berbahasa Inggris nanti akan menerjemahkan isi situs
mereka ke bahasa lain ketika semakin banyak blogger yang tidak berbahasa Inggris masuk ke pasar bisnis online

(T): Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate
Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya - mana yang akan memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?

(J): Saya akan bilang menggunakan sesuatu seperti Rubicon Project adalah kuncinya. Mereka akan secara otomatis melakukan geo target (menampilkan iklan berdasarkan kode IP) bagi konsumen Anda. iniartinya sesorang yang datang dari Meksiko hanya akan melihat penawaran iklan yang ditujukan bagi mereka, barangkali orang-orang
dari Amerika Serikat hanya akan melihat iklan Adsense yang tampil. Ini akan memaksimalkan upaya kampanye global Anda)

(T): Apakah menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus
memaksakan diri mereka untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?

(J): Saya kira jika situs tersebut ingin beranjak lebih kepada sebuah situs "berita" dan memiliki anggaran untuk itu, maka jawabannya iya. Jika itu adalah blog dan temanya adalah apa yang diminati oleh penulisnya maka saya akan menuliskannya dalam bahasa selain Inggris dan melihat kemana ia akan menuju. Ini sesuatu yang menantang untuk diuji coba

(T): Apakah Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?

(J): Tidak secara khusus untuk blog. Ada beberapa orang yang menawarkan untuk menerjemahkan isi blog saya ke dalam bahasa lain, tapi untuk saat ini saya cuma berpikir hal itu belum terlalu penting

(T): Apa saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?

(J): Tekuni. Buat diri Anda menjadi orang yang memiliki otoritas dan bangun kelompok pembaca Anda

(T): Satu kata soal blogging di tahun 2008?

(J): Politik)
Barangkali karena tahun 2008 ini adalah momentum Pemilu Presiden
Amerika Serikat, red. - Medhy

(Terima kasih)

Jeremy Schoemaker
-----------------------------------

Satu benang merah yang bisa kita tarik hingga bagian ketiga seri  wawancara ini adalah pentingnya fokus, ketekunan, persistensi untuk  terus menggeluti dunia blogging. Yaro Starak, John Cow maupun  Jeremy Schoemaker - dengan caranya masing-masing - telah menunjukkan kepada kita kekuatan karakter ini. 
 Seberapa kuat Anda bertahan?
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kisah Sukses Blogger : Jeremy Schoemaker Rating: 5 Reviewed By: kevin